Friday 21 December 2012

[Top 5] Overrated & Underrated Movies of 2012

Tahun 2012 hampir berakhir, dan banyak film -baik yang fantastis maupun jelek- telah saya tonton sepanjang tahun ini. Banyak di antaranya yang membuat dahi saya berkerut, namun tak kalah banyak juga jumlah film yang mengundang rasa kagum. Berikut adalah daftar film overrated dan underrated (masing-masing 5) tahun 2012 menurut versi saya. Tentu saja ini bersifat subyektif karena sebuah film yang saya anggap overrated belum tentu overrated buat orang lain, begitupun sebaliknya.




OVERRATED MOVIES OF 2012

1. Skyfall (Directed by Sam Mendes).
Film yang dirilis untuk memperingati 50 tahun saga James Bond di layar lebar ini terbilang memuaskan. Jalan cerita yang dihadirkan Mendes menarik dan berbeda dari film-film Bond sebelumnya. Namun rasanya banyak yang berlebihan menilai Skyfall sebagai film terbaik dalam saga si agen 007.

2. Breaking Dawn part 2 (Directed by Bill Condon).
Tak usah dijelaskan secara detail. BD part 2 overrated karena banyaknya fangirl di luar sana yang rela mengantri berjam-jam hanya demi melihat wajah bersinar Edward Cullen ataupun lekuk tubuh menawan Jacob Black. Tapi secara keseluruhan Condon menutup saga Twilight lewat film ini dengan cukup baik.

3. The Raid: Redemption (Directed by Gareth Evans).
Film lokal yang berhasil mendobrak hollywood dengan aksi beladiri Iko Uwais dan kawan-kawan ini sempat masuk 20 besar box office USA. Namun akting para cast yang masih kaku dan jalan cerita yang sangat lemah jadi kekurangan utama film ini. Action 10, story 5.

4. Cabin In The Woods (Directed by Drew Goodard).


You think you know the story? Tagline yang sesuai dengan jalannya cerita, dimana intensitas cerita meningkat secara drastis mulai pertengahan film dan berada di luar dugaan penonton. Lalu mengapa CITW overrated? Karena banyak penggila horror yang menyebut bahwa film ini termasuk salah satu film horror terbaik di dekade ini. But, it's not as good as they said. Too much fan services.

5. The Hobbit: An Unexpected Journey (Directed by Peter Jackson).
Bagi fans saga Lord of The Ring, mengunjungi Middle Earth sudah layaknya ibadah wajib. The Hobbit pun seperti melepas dahaga mereka, apalagi film yang diangkat dari novel karangan J.R.R Tolkien ini dibagi menjadi trilogi, yang membuat filmnya bertele-tele dan banyak adegan tak penting yang disematkan demi memenuhi durasi. Namun, visualisasi Middle Earth di sini begitu bagus dan tak kalah menawan dari visual effect Life of Pi yang juga memanjakan mata.

UNDERRATED MOVIES OF 2012
  
1. Chronicle (Directed by Josh Trank).


Film indie bertema remaja dengan kekuatan super yang bahkan keberadaanya nyaris tak diketahui menjelang tanggal tayangnya ini rasanya pantas menjadi 'the most underrated movie of 2012'. Dengan budget 15 juta dollar USA, Josh Trank berhasil membawa Chronicle meraih keuntungan hingga 10 kali lipatnya. Sekuelnya sangat layak untuk kita tunggu.

2. Premium Rush (Directed by David Koepp).
Mengangkat tema yang berbeda dengan film pada umumnya, yakni seorang bike messenger sebagai tokoh utama film, Premium Rush cukup menghibur lewat sinematografi ciamik jalanan kota Manhattan dan akting Joseph Gordon-Levitt. Meski keuntungan box office-nya tak begitu besar, Premium Rush mendapat berbagai pujian dan juga berada di luar ekspektasi penonton, meski ending yang dihadirkan sedikit kurang pas.

3. Ruby Sparks (Directed by Jonathan Dayton & Valerie Faris).
Duet Dayton dan Faris yang berhasil mengarahkan film ini menjadi suatu film yang menarik rasanya menjadi poin utama mengapa Ruby Sparks menjadi film yang wajib ditonton. Mengisahkan seorang novelis yang berimajinasi akan wanita idamannya, Ruby Sparks mempunyai jalan cerita yang layak disimak hingga akhir film, terlebih lagi chemistry Paul Dano dan Zoe Kasan di sini begitu kuat.

4. Seven Psychopaths (Directed by Martin McDonagh).


Film bertema crime disertai komedi bukan hal baru di dunia perfilman hollywood. Mulai dari Snatch, Ocean's trilogy, hingga Hot Fuzz adalah contohnya. Seven Psychopaths memberikan tema yang serupa, disertai jajaran cast 'kelas kakap', dan mengundang gelak tawa dengan cara-cara ekstrim yang dihadirkan McDonagh dengan porsi yang pas. Sam Rockwell jadi scene stealer di film ini.

5. 21 Jump Street (Directed by Phil Lord & Chris Miller).
Jika ditanya apa film komedi terbaik di tahun 2012, maka saya akan menjawab dengan lantang, 21 Jump Street! Chemistry konyol Channing Tatum & Jonah Hill menjadikan film ini begitu lucu, dan bisa ditonton berkali-kali tanpa mengundang rasa bosan. And yes, Johnny Depp's cameo is so surprising yet ridiculous.


@heruchris

6 comments:

  1. wah,,kalo Breaking Dawn mah jangan dimasukin Overrated gan...hihi,itu mah no rated...^^
    mungkin kalo ane bakal ane ganti LOOPER tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya juga sih. sebenarnya mau masukin The Avengers juga, tapi ragu-ragu. thanks for visiting, by the way.

      Delete
    2. honestly,ane blom nonton tuh Avengers sampe skrg, idk why..ga ngaruh hype-nya ^^

      tukeran link gan?

      Delete
  2. monggo gan... maaf baru sempet respon ^^

    ReplyDelete